Cari Blog Ini

Memuat...

Rabu, 21 Maret 2012

Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah

Makalah ini berjudul “Pengaruh Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Pengawasan Kinerja Guru Bahasa Inggris”. Adapun masalah yang diangkat dalam makalah ini adalah Bagaimana pengaruh manajemen kepemimpinan kepala sekolah sebagai supervisor dalam pengawasan kinerja guru Bahasa Inggris. permasalahan tersebut dituangkan dalam bentuk pertanyaan pokok sebagai berikut: (1). Bagaimana kepemimpinan kepala sekolah sebagai seorang supervisor?, (2). Bagaimana kinerja guru Bahasa Inggris?, (3). Apakah ada pengaruh yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah sebagai supervisor dalam pengawasan kinerja guru Bahasa Inggris?
Makalah ini bersifat deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Dalam mengumpulkan bahan dan data penulisan makalah, penulis sebagian besar menggunakan studi literatur yang bersumber dari buku, dan artikel,
Kepala sekolah secara garis besar memiliki dua tugas utama, pertama merencanakan strategi meningkatkan mutu pendidikan melalui  Kepemimpinan sekolah (organisasi) yang visioner namun membumi dalam berkarya. Kedua, strategi penguatan sekolah  (organisasi) melalui instrumen Administrasi/Manajemen Sekolah yang professional, salah satu rincian tugasnya adalah melakukan pengawasan melekat serta supervisi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Terlihat jelas bahwa kepala sekolah selain sebagai pemimpin juga berperan sebagai manajer, karena kepala sekolah merupakan kepanjangan tangan dari pelaksana teknis di sekolah mengenai kebijakan pemerintah dalam bidang kependidikan yang merupakan amanah konstitusi.
Kepemimpinan kepala sekolah sebagai seorang supervisor dapat di lihat dari status dan cara pengangkatan tergolong pemimpin resmi, formal leader, atau status leader. Status leader bisa meningkat menjadi functional leader. Tergantung dari prestasi dan kemampuan didalam memainkan peranannya sebagai pemimpin pendidikan di sekolah yang telah diserahkan pertanggungjawaban kepadanya. Selain hal tersebut, kepala sekolah juga merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk memimpin tata kelola sekolah yang baik dalam pelaksanaan kebijakan secara teknis di lapangan/sekolah. Disinilah kepala sekolah memerankan tugas dan fungsinya sebagai supervisor.
Kinerja dan nilai kerja merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dalam proses tata laksana tugas dan fungsi sebagai seorang pendidik, pengajar maupun fasilitator. Pun sama halnya dengan kinerja guru bahasa Inggris akan meningkat apabila kepala sekolah melakukan perannya secara maksimal, terutama dalam hal pengawasan, supervisi dengan kompensasi pemberian reward apabila guru bahasa Inggris berkinerja baik dan sebaliknya memberikan masukan berupa kritik serta punishment jika memiliki kinerja buruk atau tidak sesuai dengan harapan, hal lain yang tidak kalah penting adalah dengan memberikan keteladanan.
Oleh karena itu, terlihat jelas adanya pengaruh yang signifikan antara manajemen kepemimpinan kepala sekolah sebagai supervisor terhadap peningkatan kinerja guru bahasa Inggris. Karena kepala sekolah telah memerankan tugas dan fungsinya baik sebagai pemimpin, yakni dengan melakukan pengawasan melekat dan juga sebagai manajer dengan memberikan reward dan punishment atas kinerja tenaga pendidik dan kependidikan dalam melaksanakan tugas kesehariannya. Khususnya melakukan supervisi terhadap guru bahasa Inggris secara objektif dan terukur, sehingga terjadi perubahan yang signifikan terhadap kinerja dan prestasi guru yang bersangkutan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi di unit kerjanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar